Anggota aliran sesat Beloko Suto pimpinan Eyang Surya pada Senin lalu (25/5/2015) di Masjid Polres Lebak Banten menyatakan mengakui kesesatannya serta bertobat dan kembali ke ajaran Islam.

Proses pertobatan anggota aliran sesat Beloko Suto dan kembalinya ke ajaran Islam tersebut disaksikan sejumlah pengurus FPI Banten, MUI Lebak Gedong, anggota MUI Kabupaten Lebak beserta Polisi, TNI & Pemerintah Kabupaten Lebak. 

Ketua FPI Banten KH. Muhammad Fakhrurozi, Panlima Daerah Laskar Pembela Islam Banten KH. Wahyudin Syam, Sekertaris dan sejumlah Laskar FPI Banten terlihat hadir menyaksikan proses tersebut.

Keberadaan aliran sesat Beloko Suto ini sudah sangat meresahkan. Pasalnya, mereka menyebarkan paham yang menyimpang di tengah-tengah umat Islam. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lebak, Banten sendiri sudah menetapkan ajaran Balakasuto yang berkembang di Kecamatan Lebak Gedong sesat dan menyesatkan. 

"Kami melarang ajaran itu berkembang di Lebak, karena sangat menyesatkan umat," kata Ketua Komisi Fatwa MUI Kabupaten Lebak KH Baijuri.

Maka itu, berdasar keterangan masyarakat dan laporan Ketua MUI Lebak Gedong, pada hari Jumat (22/5/2015) atau tepatnya tiga hari sebelum pertobatan, Imam FPI Banten KH. Ahmad Al-Qurtubi, ketua FPI Banten, ketua DPC FPI Lebak Gedong beserta MUI dan masyarakat terpaksa mengambil tindakan tegas untuk menghentikan kesesatan mereka, agar tidak makin meluas.

Laskar FPI akhirnya berhasil mengamankan beberapa anggota Beloko Suto. Selanjutnya mereka langsung diserahkan ke Polsek Cipanas Lebak Gedong dan diserahkan ke Polres Lebak. 

Saat ini, ajaran sesat Beloko Suto berkembang di Kecamatan Lebak Gedong Kabupaten Lebak dan pengikutnya cukup banyak. Bahkan, pengikutnya sudah tersebar di tiga desa sehingga dikhawatirkan meluas ke desa lainya. "Kami minta ajaran sesat itu tidak berkembang di kalangan masyarakat karena merusak akidah agama Islam," katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebak H Encep Safrudin Muhyi mengatakan untuk mencegah berkembangnya ajaran Beloko Suto tersebut maka harus dengan mengoptimalkan pembinaan dan penyuluhan kepada petugas KUA, penyuluh keagamaan, pengelola pendidikan Islam, MUI kecamatan dan tokoh agama.

Berikut adalah daftar kesesatan aliran Beloko Suto pimpinan Eyang Surya menurut data FPI Banten :

  1. Tidak mewajibkan sholat lima waktu karena menurut mereka, orang yang sholat tidak pernah bertemu dengan Allah SWT.
  2. Tidak mewajibkan ibadah Haji, cukup uangnya diberikan kepada Eyang Suryo
  3. Manusia pertama yang diciptakan adalah Eyang Suryo, bukan Nabi Adam AS. Menurut mereka, Eyang Suryo dulu pernah mati, tapi sekarang hidup lagi
  4. Orang yang meninggal dunia sesudah 40 hari di dalam kubur akan kembali ke dunia di tempat yanng berbeda (Reinkarnasi).
  5. Akan terjadi Kiamat apabila Eyang Surya mati.
  6. Malaikat itu bodoh karena tidak punya aktifitas yang berbeda.
  7. Kalau mau selamat di dunia dan akhirat harus banyak menyebut nama Eyang Surya Badrullah
  8. Yang bisa mengijabah (mengabulkan) doa doa adalah Eyang Surya.


(Tim News FPI / FPI Banten)

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Top