Kholid Abu Musa, seorang anak Palestina berusia 10 tahun yang menderita penyakit autis mampu menghafalkan Alquran lengkap 30 juz.

Nadwah Abdul Ali, seorang spesialis pendidik anak-anak berkebutuhan khusus di Gaza mengatakan, Kholid Abu Musa yang sedang berada dalam pengasuhannya mampu menghafalkan AlQuran semuanya dalam tempo satu tahun saja.

Ia mengatakan, salah satu cara menghafalkanya adalah dengan memperdengarkan bacaan Alquran di depan anak tersebut. Kemudian ia mengulanginya beberapa kali, hingga ia dapat menghafal semua surat di dalam Alquran.

Nadwah menambahkan, Kholid Abu Musa, walau ia anak autis namun punya kemampuan untuk menghafalkan Alquran. Selama ini ia mengalami gangguan dalam merespon kontak sosial atau orang-orang yang berada di sekelilingnya. Namun ia bisa memulai dengan meningkatkan salah satu kemampuan yang ada dalam dirinya yaitu menghafal.

Dengan izin Allah, akhirnya ia juga bisa belajar untuk menulis dan membaca, hal mana sangat sulit diajarkan pada anak-anak seperti dia, bahkan dianggap sebagai suatu yang mustahil.

Kholid yang sebelumnya kesulitan dalam kontak sosial sekarang ia sudah bisa bermain-main dengan temannya, bahkan bisa berbicara dengan mereka.

Nadwah juga menyarankan kepada teman-temanya sesama pendidik autis jangan putus asa mendidik anak-anak yang berkebutuhan khusus seperti autis ini. Tinggalkan kelemahan yang menimpa anak tersebut seperti lemahnya dalam merespon kontak mata atau gerakan.


Sumber: Suara Islam Online

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Top