Imam Kholil bin Ahmad rhm pernah menyatakan : "Manusia itu ada empat jenis : Pertama, orang yang tahu dan tahu kalau dirinya tahu, itulah orang ALIM, maka ikutilah dia. Kedua, orang yang tahu tapi tidak tahu kalau dirinya tahu, itulah orang LALAI, maka sadarkanlah dia. Ketiga, orang yang tidak tahu tapi tahu kalau dirinya tidak tahu, itulah orang MUSTARSYID (yang butuh petunjuk), maka tunjukkanlah dia (ke jalan yang benar). Keempat, orang yang tidak tahu dan tidak tahu kalau dirinya tidak tahu, itulah orang JAHIL, maka tinggalkanlah dia." Kata hikmah luar biasa ! 

Pertanyaannya : Kenapa Si Jahil ditinggal bukan diajar ? Jawabnya : Bagaimana mau diajar, dia sok tahu, sering sok lebih pintar dari Ulama, bahkan suka hina Ulama. Nah, kalau Ulama saja dilawan, apalagi yang bukan Ulama ?! Orang Betawi bilang : Sudah Bodoh, Teka Lagi !!! 

Jadi, orang model ini memang harus dikucilkan agar SADAR akan kebodohannya. Jika sudah sadar, dan tahu kalau dirinya tidak tahu, maka dia naik kelas jadi MUSTARSYID, barulah kita ajar. 

Semoga kita bisa belajar dari mutiara hikmah ini. Aamiiin ...

(Sumber Hikmah : Kitab Ihya Ulumiddin karya Imam Ghazali rhm)

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Top