Pasca letusan dahsyat Gunung Kelud pada hari Kamis 13 Februari 2014, masih ribuan warga yang hidup sangat sengsara di tempat pengungsian yang serba kesulitan. Beberapa tim bantuan masih terus berupaya mengurangi derita para korban. Salah satunya adalah relawan FPI yang masih bertahan hingga kini di sejumlah lokasi bencana. Puluhan ribu warga telah dievakuasi akibat musibah ini dan masyarakat masih membutuhkan bantuan untuk mengatasi berbagai kebutuhan sehari-hari.

Front Pembela Islam (FPI) sebagai salah satu ormas Islam yang giat melakukan aktivitas kemanusiaan, sejak awal terjadi letusan Gunung Kelud sudah mendapat instruksi langsung dari Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Muhammad Rizieq Syihab. “Kepada DPD FPI Jatim wajib segera membuka Posko Kemanusiaan FPI untuk Gunung Kelud dilokasi terdekat dengan tempat bencana, dan secepatnya kirim relawan untuk distribusi bantuan dan evakuasi korban, serta buat Tenda pengungsi, Dapur Umum, Klinik Darurat, Sumur dan MCK”. Demikian instruksi Habib Rizieq, Jum’at 14 Februari 2014.

Dengan cepat Posko Relawan Kemanusian FPI untuk Gunung Kelud menyebar di sejumlah titik lokasi bencana. Berbagai bantuan mayarakat pun banyak yang disalurkan melalui Posko Relawan FPI, antara lain, Mie Instan, Air Mineral, Sembako, Susu Bayi, Sabun, Shampoo, Beras, dan obat-obatan. Tentu kehadiran relawan FPI sangat membantu bagi para korban bencana.

Selain kebutuhan pokok tersebut, menurut koordinator lapangan, Ustadz Abdullah Ali MD, saat ini yang tidak kalah penting yang dibutuhkan adalah air termasuk sejumlah toren tempat penampungan air. “Warga setempat masih banyak yang mengeluhkan soal air, mereka sudah mendapat bantuan sembako. Tapi kalau ga ada air yang percuma saja”, kata Abdullah, kepada redaksi fpi.or.id, Selasa 18 Februari 2014.

Abdullah menuturkan, masih banyak lokasi yang tidak terjangkau. Mereka para korban masih berharap bantuan. “Adakah yang meminta jutaan? adakah yang meminta ratusan ribu? sesungguhnya 1000 rupiah bermakna bagi saudara anda yang dalam musibah”, lanjut Ustadz Abdullah.

Demikian sekilas laporan Kegiatan Sosial FPI JATIM di Lokasi bencana Gunung Kelud. Semoga Bantuan bisa bertambah karena banyak lokasi di area 10 km belum tersentuh bantuan.

DPC FPI Singosari Malang Menerima Penyaluran Bantuan Bagi Korban Bencana Gunung Kelud, Baik Berupa Barang Siap Pakai Maupun Berupa Uang. Bantuan dapat diserahkan ke Markas Cabang DPC FPI SINGOSARI JL.Suropati RW 01 Kelurahan Losari Kecamatan Singosari -Malang.

Berikut adalah foto-foto dokumentasi relawan FPI:
















Sebuah Dokumentasi video:
















Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Top